TIK UNTUK PEMBELAJARAN


Pada jaman serba digital seperti saat ini guru dituntut untuk semakin kreatif dan inofatif untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Guru harus lebih kreatif dan inofatif dibandingkan dengan media ataupun televisi sehingga mampu mengalihkan kebiasaan siswa yang hanya menggunakan TIK untuk sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi sarana untuk belajar dan mengembangkan diri. 

PUSTEKKOM Kemdikbud menyediakan fasilitas Rumah Belajar yang salah satu fiturnya adalah Kelas Maya, banyak sekali fasilitas dari kelas maya ini yang diantaranya adalah Video Conference yang memungkinkan Guru dan Siswa untuk melaksanakan Kegiatan Pembelajaran tanpa harus tatap muka langsung selain itu ada pula fasilitas Chat, Email dan masih banyak sekali fasilitas yang lain.

Peran guru dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan TIK diharapkan sebagai fasilitator, kolaborator, mentor, pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar. Sementara itu, peran siswa dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan TIK memungkinkan siswa menjadi partisipan aktif; menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli, belajar secara individu dan berkolaboratif dengan siswa lain.

Langkah pertama yang harus dilakukan guru untuk masuk ke Kelas Maya yakni mendaftarkan diri sebagai guru di Kelas Maya dengan mengakses aplikasi Rumah Belajar Kelas Maya, pada alamat berikut: http://belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya


Untuk penjelasan lebih lanjut bisa download panduan lengkapnya di menu download.

                                                                                     

Copyright © 2012 SEKOLAH DASAR NEGERI SEKARAN .